-->

Jumat, 27 Agustus 2010

Ibu yang Sedih Lahirkan Bayi Kurus


SEBUAH penelitian terbaru mengungkap bahwa kondisi depresi dan cemas yang dirasakan calon ibu saat hamil akan menyebabkan kecenderungan bayi yang dilahirkan berukuran kecil, bahkan bisa meninggal dalam kandungan.

Penelitian yang telah dimuat pada jurnal BMC Public Health edisi Agustus. yang berfokus pada para perempuan yang berdiam di area perdesaan Bangladesh mengindikasikan bahwa kesehatan mental sangatlah berpegaruh pada angka kematian bayi dan anak yang terbelit kemiskinan, selain tentunya karena faktor kekurangan gizi.

Sebuah kolaborasi antara tim peneliti di Institut Karolinska di Swedia dan Komite Kemajuan Perdesaan Bangladesh melakukan penelitian yang melibatkan 720 perempuan hamil. Para perempuan tersebut rata-rata tengah dalam masala kehamilan trimester ketiga dan menunjukkan gejala depresi antepartum dan kecemasan antepartum. Kondisi ibu dan bayi dipantau selama 6-8 bulan pascakelahiran.

Berat bayi lalu dipantau selama 48 jam dengan menyertakan faktor latar belakang seperti sosial dan ekonomi, antropometri, reproduksi, obstetri, dan informasi lainnya.

"Sebanyak 18 persen perempuan yang dipantau di dua wilayah di Bangladesh didiagnosis mengalami depresi dan seperempatnya mengalami kecemasan saat hamil. Mereka pun diketahui umumnya melahirkan bayi berukuran kecil. Ini tentu mengkhawatirkan karena berat badan rendah pada bayi yang baru saja lahir berkaitan dengan kematian bayi. Nantinya, ini bisa berakibat pada masalah kesehatan mental dan keterbelakangan," kata ketua tim peneliti Hashima-E- Nasreen.

Dalam penelitian itu, para peneliti menambahkan, "Rendahnya berat badan bayi merupakan indikator penting dalam pencapaian Millenium Development Goals (MDGs) dalam rangka mengurangi angka kematian ibu dan bayi." Maka itu, penelitan mereka ini menandakan bahwa untuk mencapai target itu, kondisi sang ibu saat hamil seperti depresi dan cemas, mesti ditangani. (Pri/OL-06)


Sumber
mediaIndonesia.com

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Info Teknologi Terkini
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-puisi ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates