-->

Sabtu, 21 Agustus 2010

Menanti Statin Gratis di Restoran Fast Food

PARA peneliti dari Imperial College London menyarankan agar restoran makanan cepat saji (fast food) sebaiknya menyediakan obat statin gratis sehingga para pelanggan dapat menetralisasi bahaya makanan berlemak bagi jantung.

Obat statin diketahui dapat mengurangi jumlah kolesterol LDL dalam darah yang tak baik bagi tubuh. Sebelumnya, statin juga terbukti dapat menurunkan risiko seseorang terkena penyakit jantung.

Dr Darrel Francis dan koleganya mengalkulasi bahwa penurunan risiko terkena penyakit kardiovaskular oleh obat statin juga dapat memperkecil kemungkinan seseorang mengalami serangan jantung dari konsumsi cheeseburger dan milkshake.

"Obat statin memang tak menghilangkan semua efek buruk dari burger dan kentang goreng. Memang lebih baik Anda menghindari makanan sumber lemak tersebut. Namun, kami telah mengetahui bahwa bagi orang yang memiliki kemungkinan terkena penyakit jantung, meminum statin dapat mengurangi risikonya sama seperti makanan cepat saji meningkatkan risiko tersebut," kata Francis dari Institut Nasional Jantung dan Paru-Paru di Imperial College London.

"Ini ironis, di saat orang bebas mengonsumsi makanan tak sehat semaunya, obat statin yang dapat menjaga kesehatan jantung justru harus diresepkan dahulu," tambahnya.

Sebagian orang memang telah menyadari betapa tak sehatnya makanan cepat saji, tapi mereka tetap memakannya karena dirasakan enak dan lezat. Secara genetis, kata Francis, manusia memang memiliki kecenderungan memilih makanan yang berkalori tinggi dan keberlangsungan penjualan makanan cepat saji dinilai akan bertahan karena adanya kebutuhan hidup dari produsennya.

Maka itu, menurut Francis, penyediaan suplemen yang mengurangi risiko buruk makanan cepat saji haruslah dimudahkan seperti hal nya mudah mendapatkan makanan tak sehat itu. Penelitian ini telah diterbitkan di American Journal of Cardiology edisi Agustus. (Pri/OL-06)


Sumber
mediaindonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Info Teknologi Terkini
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-puisi ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates