-->

Selasa, 31 Agustus 2010

Polusi Suara Bisa Mematikan

Jangan sepelekan suara bising yang sering Anda dengar. Tanpa disadari suara-suara bising seperti knalpot motor, mesin mobil, atau klakson bisa memicu level stres yang tinggi. Polusi suarasemacam itu bisa memicu masalah kesehatan serius.

Menurut badan kesehatan dunia (WHO), selalu mendengar polusi suara bisa meningkatkan risiko serangan jantung. Hati-hati juga dengan paparan polusi suara sebesar 67 hingga 70 desibel (sama dengan polusi suara saat macet), karena memicu tekanan darah tinggi.

Penelitian pada pasien serangan jantung di 32 rumah sakit yang berbeda di Berlin menemukan, kebisingan lingkungan meningkatkan risiko serangan jantung tiga kali lipat pada wanita, dan 45 persen pada pria.

Secara keseluruhan, masyarakat yang tinggal di daerah lalu lintas yang sibuk berisiko 46 persen lebih tinggi terkena serangan jantung dibandingkan mereka yang tinggal di daerah tenang.

Polusi suara bisa memicu serangan jantung karena menimbulkan stres tingkat tinggi. Hal ini membuat hormon stres atau kortisol yang diproduksi lebih banyak dan membuat peningkatan denyut jantung, tekanan darah, dan lipid darah. Orang yang sudah memiliki penyakit jantung dapat sangat berisiko, dan kebisingan bisa menyebabkan perubahan irama jantung.

Jika Anda selalu terpapar polusi suara, sebaiknya gunakan pelindung telinga. Anda bisa menggunakan ear plug atau flat attenuator. Alat tersebut biasa digunakan oleh teknisi musik saat menyiapkan konser. (pet)



Sumber
VIVAnews

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Info Teknologi Terkini
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-puisi ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates