-->

Jumat, 27 Agustus 2010

Penyebab Umum Terjadinya Depresi


Pemahaman para pakar kesehatan mengenai deperesi semakin baik seiring berjalannya waktu. Dalam banyak kasus, depresi tidak hanya disebabkan oleh satu hal tertentu. Stres sering kali disebabkan oleh gabungan masalah biologi, psikologi, serta peristiwa yang penuh tekanan atau stres.

Berikut merupakan penyebab-penyebab depresi:

Biologi. Para peniliti masih harus mempelajari banyak hal untuk menemukan penyebab depresi yang sebenarnya. Tetapi, beberapa peniliti mengatakan, depresi sering kali disebabkan oleh keidakseimbangan zat kimia tertentu di otak. Zat-zat kimia ini disebut dengan neurotransmitter. Antidepressant bekerja mempengaruhi kadar zat-zat kimia ini dan mengembalikannya pada keseimbangan semula.

Selain itu, ada juga hubungan genetik. Jika angota keluarga Anda cenderung mengalami depresi, Anda juga berisiko tinggi mengalami depresi.

Mengalami penyakit lain juga bisa meningkatkan risiko depresi. Sebagai contoh, jika Anda mengalami serangan jantung, Anda mempunyai kecenderungan sebesar 65% untuk mengalami depresi setelah itu.

Kondisi seperti kanker, penyakit jantung, masalah tiroid, serta berbagai penyakit lainnya juga meningkatkan risiko depresi.

Jenis kelamin Anda juga turut mempengaruhi, perempuan mempunyai kemungkinan 2 kali lebih besar mengalami depresi dibandingkan dengan laki-laki. Belum diketahui penyebab yang jelas. Tetapi, perubahan hormon yang dialami perempuan diperkirakan menjadi faktor penyebab.

Psikologi. Studi-studi menunjukkan bahwa orang-orang yang pesimis cenderung mengalami stres. Ini tidak berarti bahwa mempunyai "sikap yang lebih baik" akan memecahkan masalah depresi Anda.

Peristiwa-peristiwa yang penuh penuh tekanan. Banyak orang yang depresi saat mengalami masa-masa sulit. Kehilangan anggota keluarga atau teman dekat, didiagnosa mempunyai penyakit serius, bercerai, serta kejadian sulit lainnya bisa menyebabkan depresi.

Pengobatan dan alkohol. Banyak obat-obat yang menimbulkan gejala-gejala depresi. Alkohol juga sering menjadi pelarian orang-orang yang mengalami depresi. Hal ini tidak akan membantu melainkan akan memperburuk keadaan.

Sebagian orang menyadari penyebab depresi mereka sedangkan sebagian orang lagi tidak tahu sama sekali. Hal terpenting yang perlu diingat adalah "depresi bukanlah kesalahan Anda". Depresi bukan karena ada yang salah dalam karakter Anda. Tetapi, depresi merupakan penyakit yang bisa menyerang siapa saja.



Sumber
MediaIndonesia.com

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Info Teknologi Terkini
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-puisi ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates