-->

Sabtu, 21 Agustus 2010

Tujuh Makanan Sahabat Kesehatan Perempuan


BAIK perempuan maupun pria tentunya membutuhkan makanan yang menyehatkan, tapi bagi kaum hawa, melalui sebuah penelitian, terungkap ada tujuh makanan yang dinilai dapat memberikan manfaat kesehatan lebih.

Adapun pola makan yang sehat yakni memang dengan menyeimbangkan variasi bermacam makanan. Namun bagi perempuan, diketahui ada beberapa jenis makanan yang dapat melawan osteoporosis, penyakit jantung, dan kanker payudara. Berikut ketujuh makanan yang dapat segera Anda olah di dapur.

1. Tomat
Tomat adalah buah yang mudah disukai kerena kesegaran dan kelezatannya. Menurut penelitian, tomat kaya akan lycopene yang dapat menangkal kanker payudara dan kanker leher rahim. Studi pada 40 ribu perempuan diketahui pula berbagai zat dalam tomat termasuk lycopene dan phytochemicals lainnya dapat membatu melawan penyakit kardiovaskular.

2. Benih lenan
Benih lenan (flaxseed) mengandung omega 3, serat, dan zat penangkal penyakit bernama lignans. Menurut penelitian Klinik Mayo, 40 gram benih lenan yang telah dihancurkan dapat mengurangi gejala menopause dan menurunkan kadar kolesterol dan trigliserid. Benih berwarna cokelat keemasan ini juga dapat menangkal kanker payudara.

3. Kubis
Sayuran hijau ini memiliki banyak manfaat kesehatan, khususnya bagi perempuan. Zat antioksidan seperti lutein dan zeazanthin menjaga kesehatan mata. Untuk memaksimalkannya, tambahkan makanan bervitamin C dan kalsium pada menu harian Anda. Kubis merupakan sumber vitamin K yang baik untuk tulang, terutama tulang panggul perempuan. Tubuh membutuhkan vitamin K unutk mengaktifkam protein dalam tulang untuk mencegah osteoporosis, penyakit pengeroposan tulang yang lebih banyak dialami perempuan ketimbang pria.

4. Salmon
Omega 3 dalam salmon memang sangat bermanfaat, tapi ada kelebihan lain dalam salmon yang khusus untuk perempuan. Menurut penelitian, kandungan minyak pada salmon dapat membantu mengatasi depresi pascakehamilan (post-partum blues). Selain itu, lemak omega 3 juga melindungi otak dan sistem syaraf dan penting bagi perkembangan janin. Bagi Anda yang berusia di atas 40 tahun, unutk mencegah risiko penyakit jantung, lemak ikan salmon dapat membantu menjaga kesehatan jantung apabila tingkat estrogen Anda menurun.

5. Jus cranberry
Untuk mengatasi infeksi saluran kandung kemih, perempuan disarankan mengonsumsi jus cranberry. Namun, bukan karena mengandung banyak vitamin C, tapi karena jus cranberry mengandung antioksidan bernama proanthocyanins yang sangat berguna bagi kesehatan. Proanthocyanins dapat mencegah bakteri menempel pada didnidng saluran kandung kemih dimana mereka dapat berkembang biak dan menyebabkan infeksi.

6. Greek yoghurt
Selain lezat, greek yogurt memiliki kandungan protein ganda ketimbang jenis yoghurt lainnya dan berkadar gula rendah. Kandungan karbohidratnya yang rendah juga membatu menjaga kadar gula dalam tubuh. Namun, sebenarnya yang terpenting, tapi sering tak diindakan kaum perempuan adalah kandungan proteinnya. Padahal, menurut sebuah penelitian, mengonsumsi protein tinggi membantu penurunan berat badan dan mencegah penuaan dini.

7. Kenari
Kacang kenari dapat membantu menangkal kanker payudara dan osteoporosis. Dalam sebuah penelitian terbaru, mengoonsumsi hanya 2 ons kenari per harinya dapat membantu pencegahan berkembangnya kanker payudara dan tumor pada tikus. Zat antioksidan bernama phytosterols sebelumnya telah dikenal dapat melawan kanker dimungkinkan menjadi kelebihan pada kacang ini. Adapun penelitian lain mengemukakan bahwa kandungan omega 3 dalam kenari dapat menguatkan dan menyehatkan tulang. (Pri/OL-06)



Sumber
mediaindonesia.com

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Info Teknologi Terkini
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-puisi ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates