-->

Minggu, 13 Maret 2011

Facebook Bantu Komunikasi di Jepang

Jakarta - Terganggunya akses komunikasi melalui telepon di Jepang menyulitkan pencarian informasi tentang keluarga atau teman di wilayah yang terkena bencana. Tak kehabisan akal, warga di sana memanfaatkan Facebook agar tetap terhubung.

Seperti yang dilakukan Duane Cavalier pria asal Detroit dengan istrinya yang asli Jepang, Maho Cavalier. Mereka akhirnya bisa saling mengetahui kabar masing-masing melalui Facebook.

Dilaporkan Windorstar dan dikutip detikINET, Minggu (13/3/2011), saat terjadi gempa, Maho tengah berada di Tokyo sedangkan suaminya Cavalier di Saitama, sebuah wilayah di luar ibukota Jepang.

Disebutkan Maho, gempa besar tersebut memang tidak sampai membuat Tokyo rusak parah. Namun semua fasilitas dan infrastruktur otomatis mati. Ponselnya tidak bisa digunakan untuk berkomunikasi, begitu juga dengan telepon kantor. Beruntung, internet masih aktif dan dia pun mengakses Facebook melalui iPhone-nya.

"Ketika mengecek Facebook Cavalier, rupanya dia melakukan hal yang sama. Suami saya tinggal di Saitama sepanjang malam," ujarnya.

Disebutkannya, Facebook menjadi satu-satunya cara berkomunikasi diantara mereka berdua dan banyak warga Jepang lainnya yang melakukan hal serupa. Selain Facebook, banyak juga yang memanfaatkan Twitter.

"Ini menjadi satu-satunya cara, maka kami terus menggunakannya," tandasnya.

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates