-->

Senin, 14 Maret 2011

Gempa Perbaiki Hubungan Jepang-China

INILAH.COM, Tokyo – China mengirimkan tim penyelamat untuk membantu Jepang pascagempa bumi Jumat (11/3). Hal ini pertanda membaiknya hubungan kedua negara.

Tim penyelamat China tiba di Jepang sejak Minggu (13/3) kemarin, untuk membantu para korban gempa bumi dan tsunami. Ini merupakan pertama kalinya Tokyo menerima bantuan semacam ini dari Beijing, berdasarkan laporan sejumlah media.

Tim China terdiri dari 15 orang yang saat ini tengah memberi bantuan di Prefektur Iwata, salah satu wilayah yang dekat dengan titik pusat gempa. Meski Jepang saat ini tercatat menerima bantuan dari 90 negara, bantuan dari China ini terlihat sangat signifikan.

Lebih dari enam bulan terakhir, hubungan kedua negara sedang bermasalah karena sengketa perbatasan dan perebutan beberapa pulau. Sejak Perang Dunia II, kedua negara ini memang tak pernah menjadi sekutu.

Gempa bumi pada Jumat (11/3) di Jepang yang diikuti oleh gelombang tsunami, pertama dilaporkan berkekuatan 8,9 SR oleh Badan Geologi AS (USGS). Badan Meteorologi China merevisinya menjadi 9,0 SR.

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates