-->

Kamis, 19 Agustus 2010

Meditasi Bikin Makin Fokus


ORANG-orang yang mempelajari teknik meditasi Budha, menurut temuan peneliti, tidak hanya hidup lebih tenang tapi juga mengalami perbaikan tingkat perhatian dan fokus.

Psikolog Katherine A. MacLean, PhD, dan peneliti lain meminta 30 partisipan (rata-rata usia 49) untuk melakukan retreat (mengundurkan diri dari keramaian) meditasi di Colorado. Sedang 30 partisipan lainnya (kelompok pembanding) hanya melakukan retreat serupa tanpa meditasi.

Para partisipan mempelajari teknik meditasi, seperti cara berkonsentrasi dan teknik pernapasan. Semua partisipan merupakan penggemar meditasi dan sudah pernah melakukan retreat sebelumnya.

Tapi, kali ini mereka diajarkan cara berkonsentrasi dan diminta melengkapi sejumlah tes. Selain itu, partisipan juga menghadiri sesi kelompok dua kali sehari dan terlibat dalam praktik meditasi individu selama enam jam.

Sebanyak tiga kali selama retreat, partisipan menjalani tes komputer selama 30 menit. Mereka diminta melihat layar komputer saat baris-baris dengan panjang berbeda-beda muncul secara acak di depan mereka. Sebagian besar baris mempunyai panjang sama, tapi kadang-kadang akan muncul baris yang lebih pendek.

Partisipan diminta merespon dengan mengklik mouse komputer saat baris yang lebih pendek muncul. Hal ini bertujuan mengukur ketajaman perhatian dan kemampuan mereka dalam mengenali perbedaan.

Peneliti menyatakan, saat latihan meditasi terus berlanjut, partisipan yang menjalani pelatihan mendeteksi baris pendek dengan lebih baik dibandingkan partisipan yang tidak menerima pelatihan. Hal ini mengindikasikan bahwa mereka lebih bisa mempertahankan perhatian.

Saat kelompok pembanding menjalani pelatihan serupa setelahnya, mereka juga mengalami perbaikan keterampilan konsentrasi dan kemampuan membedakan ukuran baris. Perbaikan ini, terang peneliti, bertahan selama lima bulan setelah retreat berakhir.

"Orang-orang mengira bahwa meditasi bisa membuat Anda nyaman, menjalani retreat meditasi seperti liburan dan Anda bisa berdamai dengan diri sendiri," tutur MacLean."Itu yang dipirkan orang sebelum mereka mencobanya sendiri. Setelah itu Anda akan menyadari betapa susahnya duduk diam dan mengamati sesuatu tanpa diganggu,รข€ imbuh MacLean, seperti dikutip situs webmd.com, Kamis (15/7). (IK/OL-06)


Sumber
mediaindonesia.com

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Info Teknologi Terkini
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-puisi ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates