-->

Kamis, 19 Agustus 2010

Meditasi Mampu Tingkatkan Konektivitas Otak


MEDITASI ternyata dapat membantu seseorang menemukan kedamaian dengan meningkatkan konektivitas otak.

Setelah 11 jam mempelajari teknik meditasi pelatihan tubuh dan pikiran terintegrasi (IBMT), para partisipan merasakan adanya perubahan pada otak mereka. Dari hasil pemindaian, terungkap bahwa konektivitas neuron didorong bagian otak yang berfungsi mengatur emosi dan perilaku.

"Hubungan itu dimungkinkan sebagai penyebab utamanya karena IBMT sebelumnya memang terbukti terkait dengan perbedaan tingkat kemampuan seseorang untuk mengatasi suatu konflik," kata psikolog asal AS, Profesor Michael Posner.

Dalam penelitian sebelumnya yang dilakukan tim yang sama, ditemukan bahwa meditasi memang dapat menurunkan tingkat kecemasan, depresi, emosi, dan keletihan.

Adapun studi terbaru mengikutsertakan 45 mahasiswa Universitas Oregon. Separuh dari partisipan diberikan pelatihan IBMT, sedangkan separuhnya diberikan teknik relaksasi.

Kemudian dilakukan tes magnetic resonance imaging (MRI) untuk memeriksa konektivitas otak antara sebelum dan sesudah pelatihan.

"Hasil temuan kami dinilai penting karena mengungkap adanya kemampuan mengubah struktur jaringan otak terkait dengan pengaturan diri-sendiri," kata Prof Posner dari Universitas Oregon. Penemuan ini dimuat dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences.(Pri/X-12)



Sumber
MediaIndonesia.com

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Info Teknologi Terkini
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-puisi ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates