-->

Kamis, 12 Agustus 2010

7 Tips Perawatan Kulit dari Dermatolog

SEMUA orang, baik pria maupun perempuan, tentu ingin memiliki kulit mulus, halus, dan terhindar dari kerutan. Daripada bereksperiman sendiri atau bertanya kepada teman, tentu lebih baik kita meminta saran dari ahlinya, yakni dermatolog atau ahli penyakit kulit beserta pengobatannya.

Berikut tujuh tips yang dianjurkan para dermatolog untuk menjaga kesehatan kulit.

1. Bersihkan wajah sebelum tidur

Menurut dermatolog Doris Day, waktu terbaik untuk membersihkan wajah adalah pada malam hari sebelum Anda menuju tempat tidur. Debu, bakteri, dan sisa-sisa kosmetik yang tertinggal di wajah menimbulkan iritasi kulit, menutup pori-pori, dan memicu jerawat.

Singkirkan semua itu dari permukaan wajah dengan membasuh wajah dengan lembut. Setelah dibersihkan, kulit akan terasa kencang dan lembut selama 10-15 menit. Pada waktu itu, Anda sebaiknya segera memoleskan krim malam supaya dapat meresap ke dalam kulit wajah untuk hasil yang lebih baik.

Karena produksi minyak di wajah berhubungan dengan perubahan hormonal ketika memasuki usia 40-an, membersihkan wajah dua kali sehari membuat kulit lebih kering dan keriput lebih terlihat. Maka untuk menyegarkannya, basuhlah wajah dengan air hangat di pagi hari.

2. Hindari sinar ultraviolet

Tidak ada yang melebihi pentingnya memakai krim tabir surya setiap hari (idealnya yang mengandung SPF 30) bila ingin wajah terlihat lebih muda. Sepuluh menit saja Anda terpapar sinar ultraviolet, akan memicu timbulnya kerutan selama 12 minggu ke depan.

3. Hindari stres

Emosi tinggi akan membuat kulit terlihat lebih tua lima tahun dari usia Anda sebenarnya, terang Amy Wechsler, dermatolog dari New York yang juga telah menerbitkan sebuah buku bertajuk The Mind-Beauty Connection. Kecemasan yang terus-menerus meningkatkan kadar hormon kortisol yang menyebabkan inflamasi sehingga merusak kolagen.

Selain itu, juga memicu respons wajah sehingga tampak merah dan berjerawat. Untuk mengatasi iritasi tersebut, konsumsilah makanan yang kaya akan antioksidan seperti buah beri, jeruk, dan asparagus. Ketika Anda merasa tegang, bernapaslah dalam-dalam selama beberapa menit. Hiruplah napas dari hidung, tahan selama 3 detik, lalu buang lewat mulut.

4. Gunakan retinoid

Para dermatolog juga mengemukakan bahwa zat retinoid yang dapat ditemukan pada vitamin A terbukti mempercepat pergantian sel kulit dan pertumbuhan kolagen yang bisa memudarkan garis-garis halus serta kerutan dan bintik-bintik pada wajah.

Perubahan wajah saat menggunakan retinoid akan terlihat hanya dalam waktu satu bulan. Untuk membantu iritasi kulit akibat perubahan iklim seperti wajah kemerahan atau mengelupas.

5. Perbarui krim wajah

Mengunakan krim perawatan wajah secara konsisten selama 6-12 bulan akan membuat warna serta kulit wajah wajah lebih baik. "Bila Anda menggunakan produk secara konsisten, kulit Anda akan terpelihara dengan baik selama sekitar satu tahun," kata dermatolog Mary P Lupo dari New Orleans.

Untuk menjaga keremajaan kulit, gantilah krim kulit Anda dengan yang mengandung asam alpha hidroksi guna menambah manfaat krim.

6. Konsumsi Omega 3

Omega 3 yang merupakan lemak baik dapat ditemukan pada beberapa makanan seperti salmon, biji ramu, dan almon. Lemak ini bermanfaat untuk melembapkan kulit sehingga lentur dan kencang. Namun, jangan samakan lemak ini dengan lemak pada makanan lain seperti susu dan daging yang justru dapat memperparah risiko kerusakan kulit akibat terpapar radikal bebas sehingga kulit akan cepat menua. Batasi konsumsi lemak hingga 17 gram per hari.

7. Olahraga teratur

Hasil sebuah penelitian menunjukkan bahwa perempaun yang berolahraga secara teratur memiliki kulit yang lebih halus ketimbang yang tidak berolahraga. Alasannya, olahraga dapat memenuhi kebutuhan kulit akan oksigen dan nutrisi guna memproduksi kolagen. Untuk menjaga kekencangan kulit, berolahragalah setidaknya 30 menit per minggu.(Pri/X-12)


Sumber
MediaIndonesia.com

Lihat Blog ku lain nya
Info Teknologi Terkini

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates