-->

Kamis, 12 Agustus 2010

Boceprevir Percepat Penyembuhan Hepatitis C

DUA obat standar yang digunakan dalam pengobatan penyakit hepatitis C ditengarai dapat lebih efektif mengatasi penyakit itu bila ditambahkan dengan satu obat antiviral lagi yang bernama boceprevir.

Menurut para ilmuan yang mengusulkan penemuan tersebut kemajuan ini dapat membantu para penderita hepatitis C di seluruh dunia yang jumlahnya diperkirakan sebanyak 170 juta orang. Penelitian yang didanai produsen boceprevir, Merck, diterbitkan secara daring pada Minggu (8/8) di jurnal The Lancet.

Menurut para peneliti yang dipimpin Dr Paul Y Kwo dari Universitas Indiana, dua obat standar yakni pegylated interferon dan ribavirin yang digunakan dalam pengobatan hepatisis C ternyata memiliki efek yang kurang maksimal bagi sebagian kecil pasien.

Maka itu, mereka menyarankan untuk menambahkan boceprevir ke dalam kombinasi pegylated interferon dan ribavirin. Setelah dilakukan uji coba pun, kombinasi ketiga obat itu mendapat respons yang baik dari pasien yang telah menerapkannya dalam terapi selama 28 minggu. Kombinasi obat itu juga dinyatakan aman dan efektif bila pemakaiannya dilanjutnkan hingga 48 minggu ke depan.

Dr Eugene Schiff, direktur pada pusat penelitian penyakit hati di Universitas Miami merasa antusias dengan kemajuan dalam pengobatan hepatitis C ini dan ia pun berharap akan ada lagi penemuan yang lebih baik. "Boceprevir merupakan salah satu dari dua inhibitor protease yang kami telah tunggu lisensinya tahun depan," katanya. "Dan, ketika digabungkan dengan metode pengobatan standar sekarang, ternyata memiliki keberhasilan dua kali lipat mempertahankan tingkat respons viral. Keberhasilan itu dinilai setara dengan obat pada pasien yang belum pernah menjalani pengobatan sebelumnya."

Schiff juga menambahkan, pasien yang telah mengalami kegagalan menggunakan pengobatan standar dimungkinkan mendapatkan kemajuan melalui pengobatan tahap kedua menggunakan kombinasi ketiga obat itu. "Untuk itu, tak perlu dipertanyakan lagi, ini merupakan sebuah kemajuan dalam pengobatan hepatitis C."(Pri/OL-06)


Sumber
MediaIndonesia.com

Lihat Blog ku lain nya
Info Teknologi Terkini

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates