-->

Jumat, 13 Agustus 2010

Bersentuhan dengan Alam Agar Lebih Sehat

Berlari atau jongging adalah olahraga termurah demi kesehatan tubuh. Sebuah penelitian bahkan mengungkap, jogging lebih bermanfaat daripada memainkan alat-alat mahal di pusat kebugaran.

Meski bisa dilakukan di mana saja, jogging lebih baik dilakukan di ruang terbuka hijau seperti taman. Pemilihan tempat dengan suplai oksigen maksimal memberi manfaat lebih baik karena mampu meningkatkan energi dan memperbaiki suasana hati.

Sepeti dikutip dari laman Daily Mail, penelitian mengungkapkan, berlari di alam terbuka lebih menguntungkan kesehatan tubuh dan pikiran daripada berlari di atas treadmill. Membakar kalori di taman mengkreasi pikiran lebih bahagia daripada memerangkap diri di pusat kebugaran.

Penelitian dilakukan dengan menganalisa 25 studi yang membandingkan manfaat latihan di ruang terbuka hijau dengan pusat kebugaran.

Penelitian menyimpulkan bahwa olahraga dikelilingi pemandangan alam mendorong pikiran lebih relaks. Bukan hanya tubuh bugar, olahraga di alam terbuka juga bermanfaat meredam stres. Biaya nihil tentu juga efektif memperlebar senyum yang mengembang.

Energi maksimal yang didapat melalui olahraga di ruang terbuka hijau memungkinkan peningkatan kemampuan konsentrasi secara maksimal. Hanya, tidak ada bukti kuat bahwa latihan di luar rumah lebih baik untuk tekanan darah atau sistem kekebalan tubuh.

Para peneliti Universitas Bangor mengatakan, "Ini review sistematis yang memberikan kontribusi dan bukti manfaat tambahan bagi kesehatan dari aktivitas di lingkungan alam." (pet)



Sumber
VIVAnews

Lihat Blog ku lain nya
Info Teknologi Terkini

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates