-->

Kamis, 12 Agustus 2010

Bolehkah Puasa Saat Hamil

Ramadan ditandai dengan ibadah puasa bagi umat Islam. Namun, ada beberapa kelompok yang diberikan keringanan untuk tidak berpuasa. Di antaranya adalah ibu hamil dan menyusui. Mereka boleh tidak berpuasa dengan menggantinya di waktu lain.

Padahal banyak wanita hamil atau menyusui ingin tetap beribadah puasa. Apakah puasa aman bagi ibu, janin, atau balita yang disusui? Jawabannya, tergantung pada kondisi kesehatan ibu hamil dan janin. Selama ibu dan janin sehat, ibu hamil dapat berpuasa. Namun perlu mengasup nutrisi yang cukup.

Seperti dikutip dari laman Bidanku, nutrisi dan gizi ibu hamil mencakup 2.500 kalori setiap hari. Terdiri dari 50 persen karbohidrat (sekitar 308 gram), 30 persen protein (sekitar 103 gram), dan 10-20 persen lemak (sekitar 75 gram) atau empat sehat lima sempurna saat bersantap buka dan sahur.

Beberapa tips agar ibu hamil dapat berpuasa seperti dimuat dalam CafeRika di antaranya:

1. Hindari makanan yang mengandung gula tinggi saat sahur dan berbuka karena cepat dicerna sehingga mengakibatkan mudah lapar.

2. Saat sahur, pilihlah makanan yang lama dicerna seperti karbohidrat kompleks dan sayuran agar tidak mudah lapar. Hindari makanan kaleng, makanan yang mengandung pengawet, tinggi lemak, tinggi kadar garam, dan tinggi kadar gula semisal makanan cepat saji.

3. Berbuka perlahan karena puasa memperlambat sistem pencernaan. Minum minuman manis dan jus buah diikuti makanan ringan. Asupan makanan tetap harus seimbang baik karbohidrat, protein, vitamin, lemak, vitamin, dan mineral untuk pertumbuhan janin. Jangan lupa lengkapi asupan dengan susu dan buah.



Sumber
VIVAnews

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates