-->

Minggu, 08 Agustus 2010

Deret Manfaat Pijat Batu Panas

OTOT-otot yang tegang dan sakit mulai mengganggu aktivitas keseharian Anda. Cobalah meluangkan waktu untuk melakukan terapi pijat batu panas (hot stone massage therapy). Terapi yang menenangkan ini bisa membantu Anda mengusir sakit. Berikut beberapa manfaat lain yang bisa Anda dapatkan:

1. Menyegarkan dan merilekskan otot-otot dan jaringan otot
Pijat batu panas memang tidak akan membantu Anda membesarkan otot. Tapi, terapi ini bisa meremajakan kembali otot-otot yang lemah dan tidak terpakai. Jika sedang dalam proses pemulihan setelah cedera, pijat bisa mempercepat pemulihan dan memperbaiki otot-otot yang menjadi lemah akibat tidak aktif.

Selain meremajakan otot, pijat ini juga bisa meredakan titik-titik pemicu di otot. Dengan merilekskan otot-otot yang tegang di beberapa bagian tubuh, seluruh tubuh akan turut merasakan manfaatnya.

2. Tingkatkan aliran darah
Semua jenis pijat bisa memperbaiki aliran darah. Tapi, pijat batu panas menunjukkan hasil paling maksimal. Hal ini karena penggunaan panas selama terapi. Terapis akan menghangatkan batu hingga mencapai suhu yang tepat. Panas dari batu ini selanjutnya bekerja melebarkan pembuluh-pembuluh darah kecil dalam tubuh. Akibatnya, aliran darah juga semakin cepat.

3. Bantu tubuh keluarkan racun-racun
Berkeringat tidak hanya berperan sebagai AC tubuh, tapi juga memungkinkan tubuh melepaskan racun-racun. Meskipun seringkali tidak memperitungkan kulit sebagai organ, kulit merupakan organ tubuh yang paling besar. Dan dengan menggunakan terapi panas, seperti terapi pijat batu panas, suhu tubuh akan meningkat sehingga membuat Anda berkeringat dan mengeluarkan racun-racun dari pori-pori kulit. Hal ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

4. Kurangi stres
Stres merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari. Akan tetapi, Anda bisa meminimalkan efek stres dengan melakukan terapi ini. Stres pada dasarnya terdiri dari ketegangan dan perasaan cemas akibat masalah dalam kehidupan sehari-hari. Dan terapi ini mengurangi stres dengan membuat tubuh menjadi rileks sekaligus meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

5. Kurangi rasa sakit
Tubuh merasakan dunia melalui objek-objek kecil yang dikenal dengan reseptor sensori. Akan tetapi, pesan sakit ini disampaikan otak. Terapi pijat batu panas mengurangi sinyal rasa sakit dari reseptor sensori ke otak. Dengan begitu, Anda akan mengalami pengurangan rasa sakit. (IK/OL-06)


Sumber
MediaIndonesia.com


Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates