-->

Minggu, 08 Agustus 2010

Mandi Lumpur Bikin Stres Menguap

BAGI kaum hawa, mandi tentunya merupakan ritual wajib yang harus dilakukan setiap harinya untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit.

Namun, tahukah Anda bahwa ada jenis mandi unik yang tak hanya menyehatkan dan memperhalus, tapi juga dapat meredakan stres dan membuat kita bersemangat? Ya, Anda kini dapat merasakan sensasi tersendiri dengan menjalani mandi lumpur.

Jangan keburu jijik, tentunya yang dimaksud dengan lumpur di sini bukanlah kotoran yang biasa kita lihat di tanah yang becek. Akan tetapi, ini merupakan perawatan tubuh yang menggunakan lumpur khusus yang dapat meredakan stres dan juga mempercantik tubuh.

Tradisi menggunakan lumpur untuk mandi berasal dari bangsa Mesir Kuno. Kala itu, para bangsawan kerap mandi dengan lumpur guna menjaga kesehatan tubuh agar semangat dalam menjalani rutinitas dengan semangat. Adapun bagi kaum perempuan, lumpur dipercaya memiliki khasiat memutihkan dan mengencangkan kulit. Hal itu karena lumpur mengandung mineral dan bersifat astrigen yaitu memiliki daya mengeras atau mengencang setelah kering.

Ada beberapa jenis lumpur yang biasa ditawarkan, di antaranya lumpur hitam yang mengandung mangan, besi, karbon, dan oksigen. Lalu, lumpur hijau yang mengandung mineral karbonat dan kalsium. Kemudian lumpur cokelat yang mengandung mineral, besi, dan oksigen yang berguna untuk melangsingkan sekaligus mengencangkan kulit. Terakhir, lumpur putih yang mengandung mineral kalsium, oksigen, dan zinx oksida yang berkhasiat memutihkan kulit. Ada pula yang unik, yakni spa menggunakan lumpur campuran debu vulkanis dan air mineral alami.

Manfaat kesehatan dari perawatan ini memang belum teruji secara medis. Namun, dikatakan, perawatan lumpur dapat membuka penyumbatan pori-pori sehingga racun dalam tubuh akan dengan mudah keluar. Bagi para penderita nyeri otot dan sendi, parawatan ini juga akan meredakan penyakit tersebut.

Biasanya, mandi lumpur dilakukan dengan cara mengoleskan lumpur cair yang telah dipanaskan hingga 100 derajat celsius pada seluruh tubuh. Lalu, didiamkan selama beberapa menit sampai lumpur mengering dengan sendirinya. Kemudian, Anda akan berendam di air hangat yang sudah diberi garam laut selama sekitar 20 menit. Setelah itu campuran rendaman diganti dengan air hangat dan minyak esensial yang berguna untuk mengembalikan metabolisme tubuh ke kondisi semula. Anda juga akan diminta meminum air dingin untuk menggantikan cairan tubuh. Seusai menjalani ritual itu, tubuh Anda pun akan terasa segar, bersemangat, dan stres pun hilang.

Meski begitu, tak semua orang dapat diperkenankan menjalani perawatan dengan mandi lumpur, khususnya bagi perempuan hamil dan penderita asma. (Pri/OL-06)


sumber
MediaIndonesia.com

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates