-->

Senin, 09 Agustus 2010

Langsing dengan Minyak Kelapa

Banyak orang menyangka segala jenis lemak mengacaukan diet dan memicu gemuk. Studi terbaru menunjukkan, diet kaya lemak atau minyak kelapa justru memberi perlindungan terhadap resistensi insulin penyebab diabetes, sekaligus merampingkan tubuh.

Penelitian sebagaimana dilansir Times of India menyebutkan, orang yang mengasup minyak kelapa dapat mengurangi lemak tubuh. Selain itu, lemak rantai medium penyebab diabetes tipe 2 berkurang dengan asupan minyak kelapa.

Nigel Turner dan Jiming Ye dari Sydney Garvan Institut Riset Medis membandingkan metabolisme lemak dan resistensi insulin pada tikus yang mendapat asupan minyak kelapa dan lemak babi. "Asam lemak rantai menengah dalam minyak kelapa berbeda dengan lemak yang umumnya ditemukan dalam makanan kita," kata Turner, kepala peneliti.

"Berbeda dengan rantai panjang pada lemak hewan, lemak rantai menengah merupakan bahan bakar yang langsung digunakan sebagai energi."

Meskipun demikian, temuan yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes ini memiliki kekurangan. Lemak rantai menengah bisa menumpuk di bagian hati. Saat mengasup makanan kaya lemak, tubuh akan mengompensasi dengan melakukan pembakaran lebih banyak.

"Orang yang kelebihan berat badan menggunakan 40-50 persen kalori sebagai lemak. Tikus membakar 45 persen kalori mereka sebagai lemak," kata Turner.


Sumber
VIVAnews

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates