-->

Kamis, 12 Agustus 2010

Suplemen, Tak Bantu Atasi Kelelahan

Ketika Anda merasa kelelahan, tak ada waktu untuk istirahat apalagi mengambil cuti karena kerjaan yang menunggu untuk diselelsaikan. Lalu Anda mengambil suplemen dan vitamin untuk mendongkrak kembali stamina yang sudah mulai kendur. Sejauhmana peran suplemen atau vitamin untuk menjaga stamina? adakah risikonya bagi kesehatan?

Sederetan suplemen multivitamin dapat Anda jumpai di apotik, supermarket, hingga warung-warung dekat rumah Anda. Ada yang berbentuk pil, tablet, hingga minuman berenergi.

Sebelum Anda memulai untuk membeli salah satu produk tersebut, perhatikan kemasan dan cara pemakaian.

Pertimbangkan kembali apa yang Anda butuhkan apakah ada di dalam list suplemen tersebut.

"Definisi energi tergantung dalam beberapa konteks," kata Paul M. Coates, PhD, Pimpinan Office of Diettary Supplement. Semua itu tergantung kebutuhan energi di dalam tubuh, apakah Anda seorang atlit, atau harus memecahkan rekor untuk tidak tidur semalam suntuk untuk menyaksikkan film, atau Anda termasuk orang yang harus lembur setiap hari karena menyelesaikan pekerjaan kantor?.

Tipe suplemen energi bisa jadi memberikan manfaat pada awalnya, namun pada akhirnya Anda akan merasa kelelahan juga.

Komposisi suplemen mungkin tidak memberikan informasi banyak kepada Anda. Dalam ingredients list, Anda akan melihat beberapa substansi seperti caffeine, kola nut, coenzyme Q10. Jika Anda bukan seorang ahli kimia, akan sangat sulit mengetahui manfaat masing-masing kandungan tadi.

Suplemen energi ada yang berfungsi sebagai stimulan (rangsangan). Ada beberapa unsur yang berfungsi sebagai stimulan :

* Kafein : sumber kafein herbal seperti guarana, yerba mate, dan kola nut.
* Green tea (teh hijau)
* Capsaicin (lada merah)
* Gingseng
* Bitter orange, yakni ekstrak yang diambil dari buah citrus (khususnya synepherine)

Jika Anda merasa lelah atau pusing setelah jam makan siang, yang Anda butuhkan adalah stimulan. Salah satu stimulan yang potensial dan yang paling populer adalah kafein. Kafein bekerja dengan menaikkan metabolisme tubuh hanya untuk sementara waktu.


Sumber
mediaIndonesia.com


Lihat Blog ku lain nya
Info Teknologi Terkini

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates