-->

Minggu, 08 Agustus 2010

Terapi Humor Percepat Pemulihan Penyakit

INGIN mempercepat pemulihan? Cobalah melakukan terapi humor. Terapi humor menggunakan kekuatan senyuman dan tawa untuk membantu penyembuhan. Terapi ini membantu Anda menemukan cara membuat diri sendiri dan orang lain lebih sering tersenyum atau tertawa.

Salah satu sarana terapi humor adalah daftar gambar-gambar lucu, seperti gambar badut yang banyak digunakan untuk menghibur anak-anak. Beberapa rumah sakit telah menyrdiakan daftar humor untuk orang dari semua usia. Selain itu, banyak juga perawat yang belajar membuat pasien mereka tertawa.

Para peneliti, seperti diuraikan di situs wemd.com, telah mencari tahu hubungan antara pikiran dan tubuh, khususnya yang berkaitan dengan kemampuan tubuh untuk memulihkan diri. Tawa terlihat mengubah zat kimia oak dan menguatkan sistem kekebalan tubuh.

Humor membuat Anda merasa lebih bisa mengontrol situasi. Selain itu, humor membantu Anda melepaskan ketakutan, kemaran dan stres. Ketiga komponen ini bisa merugikan kesehatan.

Penggunaan
Terapi humor bisa digunakan oleh semua orang, baik sebagai tindakan pencegahan atau sebagai bagian pengobatan penyakit. Orang-orang biasanya menggunakan terapi ini dalam mengatasi penyakit kronis jangka panjang, khususnya yang diperburuk oleh stres (seperti penyakit jantung dan asma).

Penyakit kronis mempunyai pengaruh negatif terhadap suasana hati dan perilaku, yang bisa memperparah penyakit. Dan terapi humor membantu mengurangi efek negatif dari perasaan tidak sehat, lepas kendali, takut, putus asa. Perasaan negatif ini sangat umum dijumpai pada penderita kanker atau penyakit kronis.

Di samping itu, terapi humor juga bermanfaat pada orang-orang atau keluarga yang merawat pasien. Keluarga juga berisiko mengalami penyakit terkait stres dan terapi satu ini bisa membantu sebagai tindakan pencegahan. Keluarga dan pasien bisa melakukan terapi humor bersama-sama.

Apakah aman? terapi ini sangat aman. Dokter Anda cenderung akan menerima penggunaan terapi humor sebagai terapi tambahan dalam pengobatan yang sedang Anda jalani. (IK/OL-06)


Sumber
MediaIndonesia.com


Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates