-->

Kamis, 19 Agustus 2010

Tips Memaksimalkan Bulan 'Seribu Bulan'


Ramadan telah berlangsung lebih dari seminggu, namun Anda merasa belum dapat memaksimalkannya. Apa yang harus dilakukan?

Ramadan adalah bulan yang memberi banyak keuntungan bagi yang dapat memanfaatkannya. Siapa yang dapat menahan diri akan mendapat pahala dan yang mengabaikan akan merugi. Untuk itu, persiapan matang membuat tujuan Ramadan tercapai. Berikut beberapa tips menjalani ibadah Ramadan dan memperoleh bulan 'seribu bulan' seperti dimuat dalam Gulf Times.
Menetapkan tujuan

Niatkan menjalankan Ramadan dengan niat tulus dan tekad kuat. Setelah bertobat atas semua dosa, niatkan untuk menjadikan Ramadan untuk mencari pahala dari Allah. Mulailah dengan menentukan tujuan yang ingin Anda capai yakni mencapai takwa. Lalu, mulailah dengan tujuan lebih spesifik yakni:

1. Tujuan pribadi: lebih sabar, lebih disiplin

2. Tujuan Keluarga: lebih perhatian, lebih dekat dengan anggota keluarga lain

3. Tujuan yang berhubungan dengan tetangga: bersosialisasi lebih baik

4. Tujuan yang berkaitan dengan rekan Anda: disiplin bekerja

5. Tujuan yang berkaitan dengan muslim lainnya

Pelajari Hukum Puasa, Ibadah Ramadan dan Sopan Santunnya

Persiapkan diri dan keluarga untuk mengetahui hukum dan segala hal yang berkaitan dengan puasa dan ibadah pada minggu awal. Selain menambah pengetahuan, ini mencegah Anda melakukan kesalahan. Namun, konsultasi dengan ulama dalam kasus khusus diperlukan.

Rancang Aksi Nyata

Manfaatkan Ramadan untuk beribadah sekaligus mendekatkan diri dengan keluarga. Misalnya, tadarus Alquran atau salat berjamaah akan mendorong tujuan pribadi, dan berkaitan dengan keluarga tercapai selama Ramadan. Saling mendorong dan saling bersaing sehat bisa memberi Anda semangat melakukan kebaikan.

Beberapa program yang bisa Anda lakukan selama Ramadan di antaranya:

Program doa: Tuliskan doa dan permintaan Anda, dan ulangi sebanyak mungkin selama Ramadan.

Program amal: Rancang acara amal atau sosial yang melibatkan orang lain yang membutuhkan agar meningkatkan kepekaan. Ajak anak dan keluarga agar bisa merasakan hal yang sama. Ide-ide dari anggota keluarga bisa Anda tuangkan dalam rencana selama sebulan penuh dengan tujuan terukur dan hasil realistis.


Sumber
VIVAnews

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Info Teknologi Terkini
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-puisi ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates