-->

Minggu, 08 Agustus 2010

Berteman Bikin Panjang Umur

MANFAAT memiliki hubungan pertemanan yang baik dan sehat jauh lebih baik jika dibandingkan dengan berhenti merokok, menurut hasil studi yang diterbitkan di jurnal PLoS Medicine edisi Juli.

Jalinan pertemanan yang baik tak hanya penting bagi kualitas hidup, tapi ternyata juga dapat menambah umur kita. "Kekurangan hubungan pertemanan sama buruknya dengan menghisap 15 batang rokok setiap harinya," kata psikolog Julianne Holt-Lunstad, pemimpin studi seperti dikutip Reuters.

Guna mengetahui efek dari hubungan antara hubungan sosial dan risiko kematian, peneliti menggelar sebanyak 148 studi dengan mengajak 308 ribu partisipan dengan umur, jenis kelamin, dan kondisi kesehatan yang bervariasi. Hasilnya, terindikasi sebanyak 50 persen partisipan lebih cenderung berusia panjang bila mereka memiliki hubungan sosial yang baik. Memiliki hubungan sosial yang kurang baik sama halnya dengan menjadi pecandu alkohol, lebih berbahaya daripada tidak berolah raga, dan dua kali berisiko mengalami obesitas. (Pri/OL-06)


Sumber
MediaIndonesia.com

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates