-->

Kamis, 12 Agustus 2010

Biaya Obesitas di Amerika Meroket

JUMLAH penderita kelebihan berat badan kian hari semakin bertambah saja di 'Negeri Paman Sam'. Pada 2008, biaya kesehatan penderita obesitas diperkirakan mencapai US$147 juta. Diketahui pula ternyata setiap tahunnya biaya kesehatan orang obesitas lebih tinggi US$1.429 per individunya jika dibandingkan dengan yang berberat badan ideal.

Terhitung, kini jumlah penderita obesitas di Amerika Serikat meningkat hingga 2,4 juta orang sejak 2007. Sebanyak sembilan negara bagian kini melaporkan bahwa warganya yang tergolong obesitas telah masuk skala 30 persen atau lebih.

Padahal pada tahun 2000, tak ada satu pun dari negara bagian tersebut yang masuk kategori itu. Tak pelak, maka tak satu pun negara bagian itu yang mencapai target sebesar 15 persen dalam rangka kampanye Masyarakat Sehat 2010.

"Obesitas merupakan permasalahan kesehatan nomor satu pada masyarakat kita," kata editor Pusat Pengendalian Penyakit (CDC), Dr Thomas Frieden. "Kita butuh upaya intensif dan berkelanjutan guna menanggulangi problem ini atau semakin banyak saja orang yang sakit dan meninggal dunia akibat komplikasi obesitas seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, dan kanker." Guna mengumpulkan data terkait dengan obesitas, CDC juga melakukan analisis mengenai penderita obesitas dan biaya kesehatannya lalu membandingkannya dengan mereka yang memiliki berat badan ideal.

Frieden dan Dr Bill Dietz, Direktur Divisi Nutrisi dan Kativitas Fisik CDC berujar bahwa berbagai program nasional yang menyerukan penambakan aktivitas dan perbaikan kesehatan di AS sebenarnya sudah merupakan langkah yang tepat. "Obesitas adalah masalah sosial sehingga diperlukan respons dari lingkungan sosial pula," ujar Frieden. (Pri/OL-06)



Sumber
MediaIndonesia.com

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates