-->

Kamis, 19 Agustus 2010

Jalan Kaki Tingkatkan Gairah Seksual


AKTIVITAS berjalan kaki sering kali dihindari beberapa orang, padahal gerakan sederhana ini memiliki banyak banyak manfaat bagi kesehatan selain sekadar mengencangkan otot paha dan bokong.

Yang terbaru, aktivitas ini ternyata juga meningkatkan harapan hidup penderita kanker payudara. Untuk itu, inilah delapan alasan mengapa Anda disarankan untuk menerapkan jalan kaki di sela-sela kegiatan Anda sehari-hari.

1. Meningkatkan gairah seksual
Hubungan seksual yang baik harus didukung dengan olahraga. Dalam sebuah penelitian, diketahui, perempuan berusia antara 45 dan 55 tahun yang rutin berolahraga, termasuk hanya berjalan kaki ringan, memiliki tak hanya kehidupan seksual yang bagus, tapi juga tingkat kepuasan yang lebih baik.

2. Mengatasi diabetes
Menurut penelitian terbaru, berjalan dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2. Resistansi insulin adalah penyebab utama diabetes. Karena insulin, gula darah di dalam tubuh kita tidak bisa dikendalikan dengan normal. Namun, diketahui, pada orang yang memiliki riwayat penyakit keturunan diabetes, aktivitas berjalan kaki secara rutin dapat meningkatkan sensitivitas insulin sehingga dapat berfungsi secara normal.

3. Menghemat biaya
Secara ekonomis, hanya dengan berjalan kaki, Anda tentu tak perlu lagi pergi ke gym unutk melakukan latihan di treadmill. Terlebih kini biaya keanggotaan di berbagai gym sudah terbilang mahal. Selain gym, berjalan kaki dapat menghemat biaya transpotasi Anda ketimbang mesti menggunakan alat transportasi umum bila tempat yang dituju berjarak dekat. Berjalan kaki selama 150 menit setiap minggunya dapat meredakan stres dan mencegah penyakit jantung.

4. Mengurangi biaya berobat
Menurut data studi kesehatan pejalan kaki nasional yang melibatkan 32 ribu perempuan dan 8.000 pria, diketahui mereka yang tiap minggunya berjalan kaki dengan jarak tempuh cukup jauh tak terlalu sering mengeluhkan sakit ke dokter. Bukannya menyarankan Anda unutk berjalan jauh setiap hari, tapi disarankan sekali-kali Anda mempertimbangkan unutk menambah jarak tempuh saat berjalan kaki dia waktu luang seperti pada akhir pekan.

5. Mengatasi nyeri fibromyalgia
Penyakit kronis ini sering kali menyebabkan rasa nyeri, lelah, dan sakit kepala. Dalam sebuah penelitian, perempuan berusia 32-70 tahun penderita fibromyalgia yang rutin berjalan kaki 60 menit setiap hari dan ditambah beberapa gerakan olahraga ringan tiga kali seminggu selama 18 minggu mendapatkan kemajuan signifikan, baik dalam kesehatan fisik maupun mental. Selain itu, mereka juga tak cepat lelah dan depresi.

6.Menyembuhkan kanker payudara
Kaum perempuan yang berjalan kaki secara rutin setelah didiagnosis menderita kanker payudara memiliki potensi kesembuhan 45 persen daripada mereka yang kurang bergerak. Hal itu dikemukakan pada Journal of Clinical Oncology. Para peneliti di Yale juga mengutarakan mereka yang rutin berjalan kaki semenjak setahun sebelum didignosis kanker payudara memiliki kesempatan sembuh hingga 30 persen.

7. Mengurangi risiko terkena stroke
Berjalan kaki selama 30 menit saja selama lima hari seminggu dapat menurunkan risiko terkena stroke. Menurut penelitian yang digelar oleh Universitas South Carolina yang melibatkan 46 ribu pria dan 15 perempuan sebagai partisipan, ditemukan, mereka yang bertubuh bugar karena rutin berjalan kaki memiliki 40 persen risiko lebih rendah terkena stroke jika dibandingkan dengan mereka yang jarang berjalan kaki.

8. Menyehatkan pikiran
Peneliti Italia menganalisis 749 orang yang memiliki masalah dengan memori mereka lalu mengaitkannya dengan tingkat aktivitas mereka. Setelah empat tahun, ditemukan bahwa mereka yang kerap menghabiskan energi dengan berjalan berisko 27 persen lebih rendah menderita demensia ketimbang yang malas berjalan. Hal itu karena berjalan dapat memperlancar aliran darah ke otak kita.

Maka itu, mulai kini, ubahlah perlahan beberapa aktivitas Anda sehari-hari dan
sempatkan untuk berjalan kaki meski hanya beberapa menit di sela-sela rutinitas
Anda!(Pri/OL-06)


Sumber
MediaIndonesia.com

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Info Teknologi Terkini
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-puisi ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates