-->

Minggu, 08 Agustus 2010

Nasal Spray Efektif Usir Flu

PENELITI menemukan, oxymetazoline, komponen yang terkandung dalam nasal decongestant sprays (dekongestan dalam bentuk semprot yang digunakan dengan cara menyemprotkan ke hidung), bisa membunuh virus-virus penyebab flu biasa. Studi menemukan, jumlah virus pada pengguna oxymetazoline nasal spray ini berkurang jauh lebih cepat daripada yang diharapkan.

Pemimpin studi Birgit Winther, MD, PhD, mengaku terinspirasi dari studi sebelumnya yang menunjukkan efektivitas oxymetazoline dalam memerangi rhinovirus, penyebab flu biasa, melalui percobaan dalam pipa. Sebagai langkah selanjutnya, Winther beserta teman-temannya melakukan percobaan lebih lanjut dengan melibatkan 94 partisipan dewasa sehat.

Partisipan ini kemudian diinfeksi dengan rhinovirus. Tiga jam kemudian, sebelum mereka sakit, setengah dari mereka diberikan oxymetazoline nasal spray secara acak dan setengahnya lagi diberikan saline spray (semprot berisi air garam). Para partisipan menerima satu semprotan spray di masing-masing lubang hidung tiga kali sehari.

Virus

Menurut Winther, jumlah virus akan meningkat dalam sekresi nasal dalam waktu 2-3 hari setelah infeksi."Itulah yang terjadi pada partisipan yang ditangani dengan saline," tutur Winther. Sedang para partisipan yang menerima oxymetazoline mulai mengalami penurunan jumlah rhinovirus dalam sekresi nasal pada hari kedua.

Penurunan jumlah virus dalam waktu cepat seperti ini, menurut Winther, bisa membantu mengurangi penyebaran virus flu dari hidung ke telinga, sinus, dan paru-paru, serta penyebaran dari orang ke orang.

Efek

Menurut Winther, oxymetazoline bekerja dengan cara mengerutkan pembuluh darah di jaringan hidung, sehingga memungkinkan mucus mengering. Namun menurut Winther ada baiknya menghindari penggunaan jangka panjang. Setelah lima hari, spray ini justru bisa merusak jaringan hidung dan memicu kemampatan kronis. (OL-08)




Sumber
MediaIndonesia.com

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates